Install Custom ROM – LG Optimus One (P500)

Disclaimer: use at your own risk.

Apa itu custom ROM ? yaitu ROM pabrikan yang dirubah atau ROM yang dicompile dari source code android.  Perubahan dapat berupa penambahan aplikasi atau membuang aplikasi default, extend kernel, cpu overclocking, enabel/disabel fitur, theme, keyboard dan fitur lainnya. Cutom ROM didistribusikan dalam bentuk file zip.

Kenapa saya pilih custom ROM ? biasanya custom ROM sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk optimalisasi baterai, game, media dll. tampilan yang menarik baik menu, icon, theme dll, bisa tweaking seperti overclocking cpu, compresi RAM dll.

Gambar di atas adalah screenshoot saat saya menggunakan MIUI-Gen71 v0.666 custom ROM. Install custom ROM sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, untuk saat ini saya menggunakan custom ROM CyanogenMod-7-02222012-NIGHTLY-OptimusOne versi android 2.3.7.

Install custom ROM, yang saya praktekkan adalah:

1. Ponsel harus sudah di ROOT, cara root LG Optimus One silahkan lihat https://thesuhu.wordpress.com/2011/11/11/root-lg-optimus-one-p500/

2. Ponsel sudah ada Custom Recovery, saya menggunakan ClockworkMod recovery untuk install recovery ini silahkan lakukan flash melalui ROM Manager tersedia di Android Market (https://market.android.com/details?id=com.koushikdutta.rommanager&hl=en).

3. Jika point 1 dan 2 sudah terpenuhi baru bisa melakukan install Custom ROM sesuai pilihan, repository custom ROM untuk LG P500 silahkan download di sini http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=901247 atau custom ROM yang saya pakai saat ini bisa di download di sini http://get.cm/?device=p500 . ekstensi file adalah zip, jika sudah download silahkan copy ke SD Card.

4. Langkah instalasi custom ROM, Cara 1: boot ke recovery (tekan tombol Volume Up + Home + Power atau ROM Manager pilih Boot Into Revovery) lakukan Wipe Data/Factory Reset (untuk CM7 sebaiknya dilakukan), Wipe Dalvik Cache, Wipe Battery Stat.  Jika sudah silahkan pilih install zip file from SD Card dan arahkan ke file ROM yang sudah didownload sebelumnya. Cara 2: Install via ROM Manager, buka ROM Manager dan pilih Install ROM from SD Card arahkan ke file ROM.

Mudah kan ? untuk beberapa ROM sepertinya membutuhkan install gapps bisa download di sini http://goo-inside.me/gapps

Ok, itu saja catatan saya tentang instalasi custom ROM pada Optimus One, untuk device lain sepertinya langkahnya sama saja. eh iya kalo pengen aman lakukan backup ROM via recovery jika nantinya ingin kembali ke ROM sebelumnya.

22 thoughts on “Install Custom ROM – LG Optimus One (P500)

  1. saya pake ROM CM 7 nightly optimus one. thanks link google appsnya bos, skrng sudah tidak ada masalah. btw, saya cari-cari link download CM 9 koq ngga ketemu ya?

  2. gan.. cm9 ics 4.0.4 itu rom yang dimodif sedemikian rupa mirip ICS atau memang bener ICS sih? saya jadi bingung..
    agan suhu ngerti cara ngerubah tombol smiley key jadi enter key di message ICS 4.0.4 CM9 ga?
    tolong bantuannya gan

    • ICS adalah salah satu versi dari android, sedangan CyanogenMod adalah modifikasi ROM base on ICS.
      kalo pengen keyboard yang ada enter nya silahkan instal Ice Cream Sandwich Keyboard, download aja di google play / market.

  3. suhu..saya udah download yang CM9,awalnya saya masih pake GB pas saya udah instal zipnya lewat clockmod,pas saya restart malah bootloop yah..apa yang salah yah?

  4. ok saya coba dulu..yang saya dapet dari XDA kameranya gk bisa di pake yah??
    trus saya coba CM7 yang suhu kasih linknya di atas..kok gk bisa konek ke internet.. saya pake indosat..ada solusi buat koneksi internet?takutnya nanti saya pake CM9 yang baru tetep gk bisa internetnya..makasih suhu sebelumnya..😀

  5. suhu maaf bgt nih sering nanya..saya udah ngelakuin flash old baseband tapi malah sinyalnya yang gk ada.waktu awal” sinyal ada tapi koneksi buat ke internetnya gk ada..pas saya cek di pengeturan saya liat basebandnya malah unknow sama imei juga unknow.apa yang salah yah suhu..?

  6. bang suhu saya pake cm7 yg abang tunjukan jadinya android saya menjadi lemot dan tidak ada app gmail & android market’a ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s