Root LG Optimus One / P500

Optimus One - P500

Note:

Use at your own risk, thesuhu not responsible for what you are doing that refers to this article. 100% sudah saya coba pada Ponsel LG Optimus One P500 dengan ROM Froyo atau Gingerbread semuanya berhasil.

Apa fungsi root ? yaitu untuk memberikan hak akses penuh agar bisa masuk ke sistem Android, dengan kata lain kita punya hak sebagai administrator. Alasan kenapa harus saya root ? yaitu 1, agar bisa install aplikasi yang membutuhkan akses root (contoh: proxydroid, app2sd, root explorer, titanium backup dan masih banyak lagi). 2, agar bisa uninstall aplikasi aplikasi bawaan pabrik. 3, keperluan install custom ROM. Perlu diperhatikan ponsel yang sudah di root maka garansi pabrik sudah tidak berlaku, jadi sebaiknya unroot dulu sebelum membawa ponsel ke service centre. so, how to root ? berikut yang saya lakukan:

1. Saya menggunakan ADB dan SuperOneClick, bisa download di sini setelah itu extract. Untuk LG Driver bisa download di sini setelah itu install driver tersebut. Sebenarnya ada aplikasi android z4root untuk root tanpa PC, tetapi sepertinya tidak berhasil root Froyo versi di atas v10c.

2. Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel, penting! Debuging Mode ponsel harus sudah diaktifkan, caranya masuk ke Setting > Applications > Development > centang USB Debuging.

3. Buka folder hasil extract, masuk ke folder ADB dan jalankan cmd7 atau cmdXP lalu ketik seperti berikut:

adb devices

normalnya ponsel berhasil terdeteksi (gambar 1), kemudian ketik seperti berikut:

adb shell

maka akan masuk ke shell adb, symbolnya #. setelah itu copy dan paste perintah berikut dan enter (gambar 2).

echo 1 > /data/local/lge_adb.conf

setelah itu reboot ponsel, bisa dengan cara manual atau ketik seperti berikut:

reboot

4. Setelah nyala kembali, masuk ke folder hasil extract tadi dan jalankan SuperOneClick.exe, pada pilihan exploit pilih GingerBreak kemudian klik Root, tunggu proses sampai muncul pesan “Your device has been rooted” (gambar 3).

5. Reboot ponsel, nb: aplikasi superuser otomatis terinstall di ponsel, silahkan update superuser terbaru dari market.

That’s it …

78 thoughts on “Root LG Optimus One / P500

  1. mas… di laptop saya ngak bisa instal drivernya mas… padahal firewallnya sdh saya matikan… bgmn? terimakasih atas sarannya mas…

  2. maaf mas, saya masih awam dgn root.
    terimakasih mas…
    saya sdh berhasil menginstal superuser mas… saya sekarang sedang mencari updatean 2.3.3 utk p 500 mas. ada saran?

    • paling mudah untuk update adalah menggunakan PC suite, tinggal ikuti langkahnya dan finish tapi otomatis root akan hilang dan harus root ulang.
      kalo mas pengen lebih asik bisa lataihan install custom recovery, install custom ROM dll. bisa maen ke sini http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1295732. tapi kudu hati2 kalo masih awam, harap dibaca baik2 langkah-langkahnya.
      untuk custom recovery biar installnya gak pake ribet, saran saya pakai ROM manager saja bisa di download di market.

  3. gan…
    kasih tahu cara root n unroot LG OPTIMUS HUB E510 gengerbread v 2.3.4….
    saya org awan gan…
    tolong jelaskan secara detail….

    saya masih takut untuk ngeroot… taku gagal gan…

    • gan hp saya kn udh saya root….
      tp knapa aplikasi link2sd nya minta ngerestart terus…
      apa karna superusernya yg brmasalah…

      trus cara untuk root ulang hp yg sd droot gmn yah?

  4. tp itu buat optimus one….

    apa cara itu bisa buat di optimus hub e510 gan…

    maaf gan klo agak crewet krn gw takut matot…

  5. pakai superonclick, unroot terus root ulang. kalo yg bermasalah cuma link2sd kenapa harus di root ulang? coba aja dulu install ulang link2sd nya pakai versi 2.1.2 atau versi sebelumnya, dicoba aja mana yg lebih stabil untuk hp mu.

    • udh gw coba gan…
      tetap aja begitu…

      kayanya aplikasi superusernya yg brmasalah setelah di update…

      gan sorry nih..
      seumpamakn diservis center biar bnr2 tdk ketahuan hbs droot itu caranya gmn yah…

      tanks sblmnya…

      • install ulang pakai Official Rom dari LG, cara installnya bisa pakai KDZ Updater atau PCSuite trus update.
        btw kenapa harus di service? bukankah udah bagus di root. kalo cuma gak suka link2sd bisa pakai app2sd.

      • buat jaga2 aja… klo ada apa2 dgn hp gw….

        gak mudeng nih…
        official room…
        bsa lbh ditail gak…

    • gan…
      gimana caranya utk instal aplikasi android yg bayar biar bisa trinstal di hp…

      soalnya gw dpt aplikasi bayar tdk melalui store….
      trus tdk mau trinstal di hp krn aplikSi itu bayar…

      • kalo di hp saya, caranya masuk ke setting > security > Unknown sources (Allow installation of non-Market apps) silahkan dicentang.

  6. Mas waktu ketik adb shell muncul tanda $ lalu saya ketik su ada informasi permision denied apa ya masalahnya Mas ? Coba berulang ulang tetap hasilnya permision denied

  7. Mas waktu saya jalankan CMD7 di window 7 (run administrator) informasinya the system cannot find message text for message number 0x2350 in the message file for application
    Trus di C infonya begini , Mas
    c:\root\ADB>

  8. Pak , saya mau tanya ,waktu saya udah ketik adb shell malah jadi $ dan menurut info ketik su supaya jadi # tapi muncul info : Permission denied . Bagaimana Pak , Mohon Informasinya…

  9. Trus saya coba dari awal ( setelah buka cmdXP.exe lalu saya kertik adb root )keterangan begini :
    C:\LGP500\ADB\adb root
    adbd cannot run as root in productions builds
    Hp saya firmwarenya LG-P500-V20d
    Mohon Informasinya …

  10. Pak, aku coba versi Superoneclick versi 2.3.3 dan bisa muncul superusernya . Pesan Error bapak itu waktu jalankan superoneclick ver 2.3.1 dan pada waktu tekan root lagi proses itu berhenti dan ada info ke 1 . 2 .3 . 4 dan berhenti pada step 7

    • wah aneh juga mas, udah coba lakukan instal ulang driver LG Optimus One?
      atau bisa dicoba adb nya pakai yang baru tapi superonclick nya pakai versi yang lama. kalau masih gak bisa, sepertinya Stock ROM anda mungkin sudah di Patch oleh LG harus downgrade firmware dulu untuk metode ini.
      maaf mas kalo saya kurang bisa membantu.

  11. mas, masalah untuk yang diatas soal gak bisa input adb shell muncul tanda $ lalu saya ketik su ada informasi permision denied dan terus begitu itu masalahnya dengan drive nya, saya dah coba yang drive punya mas, memang g bisa.. terus saya test pake drive pc suite baru bisa🙂 mungkin masalhanya di drive lg..
    trus pak.. punya saya gak bisa buka superonecliknya via pc..
    cuman bisa via android (maksudnya instal biasa gt dari henpon) nah itu gimana solusinya? trims,

  12. humm langkah2 diatas kan udah berjalan lancar, sampe reboot. nah trus pas buka superoneclick ada pesan error gitu😦
    apa mungkin beda version apk pengaruh jg mas?

  13. mas knp ttp gak bisa ya😦 , error reportnya spt ini
    “The application failed to initialaize propely (0xc0000135)”
    mohon bantuannya mas..

  14. oke mas thanks so much, O1 saya udah bisa di root dan saya pake root explorer
    jadi udah bisa delete aplikasi bawaan pabrik😀
    mas ada tanya sedikit nih,
    1. Option frezee pada titanium backup itu menonaktifkan aplikasi, umm itu ttp makan storage kita gak ya? contoh apk angrybird kita frezee trus kita install lagi angrybird.. better di uninstall (karena udah dibackup) atau di frezee aja?:|
    2. Cara overclock kcepatan O1 kita dari 600 ke 800 ada caranya gak?
    thanks b4 mas😀

    • ok, saya coba jawab🙂
      1. Freeze artinya hanya membekukan/menonaktifkan aplikasi, jika di Freeze aplikasi tidak akan bisa digunakan. Freeze tidak menguninstall aplikasi sehingga storage tetap terpakai, akan tetapi aplikasi yang di Freeze tidak memakan CPU dan RAM. jika ingin memfungsikan apikasi yang sudah di Freeze mudah saja tinggal Unfreeze aplikasi tersebut. selanjutnya tentang Backup, backup ada 2 pilihan, aplikasi saja atau dengan datanya. pada saat pilih restore kita bisa memilih restore aplikasi saja, data saja, atau aplikasi dan datanya. pendapat saya, kalo Freeze cocok bagi yang tidak ingin menggunakan aplikasi sementara, dan sewaktu waktu ingin menggunakannya lagi. Freeze cocok juka kalo kita ingin membuang aplikasi bawaan system, jadi sebelum membuang bisa di Freeze dulu dan kita lihat efeknya, kalo tidak terjadi gangguan berarti aman untuk dibuang/hapus.
      2. overclock, kalo mas pakai ROM CyanogenMod tinggal atur di Setting > Performance, disini ada pengaturan Processor dan memory management. kalo ROM lain mungkin harus coba coba install kernel dll secara manual, saya belum pernah coba.

  15. Mas saya kok nggak ke detect ya hape nya? padahal sudah di install drivernya, tapi ada satu driver yang perlu di troubleshoot.

  16. Saat saya install driver lg official di PC, semuanya ada checklist nya, kecuali yang single adb, itu malah failed. dan saat saya coba cmd7 selalu nggak ke detect hapenya. tolong di bantu ya

    • saya blm pernah pakai mito, kalo mau coba pakai ADB Shell yang pertama harus dapat driver untuk PC sampai HP bisa dikenali di ADB. lihat di tutorial di atas, kalo HP udah dikenal tandanya kelihatan nomer device nya saat diketik adb devices di shell

  17. saya kan download wechat d handpone android.tapi knapa bahasa y malah bahasa cina padahal saya sudah download 4 kali di situs download yang berbeda.
    udah gitu semua pengaturan yang ada tentang bahasa sudah dirubah ke bahasa indonesia.pengaturan d wechat y juga sudah diganti ke bahasa indo.tapi ttep gax mau!!!

Leave a Reply

