MySQL server has gone away (Error 2006) , cara mengatasinya

MySQL Logo

“MySQL server has gone away” (Error 2006), error yang baru saya jumpai. Ketika saya mau insert data sebanyak 37306 record sekaligus ke salah satu tabel MySQL, saat saya eksekusi query muncul pesan error 2006 seperti di atas. Saya sempat bingung juga sudah restart service MySQL tetap error juga. Setelah mencari solusi kesana-sini akhirnya ketemu juga cara mengatasinya. yang saya lakukan adalah mengedit konfigurasi MySQL (nama file defaultnya my.ini). Buka file my.ini dengan wordpad atau editor lainnya dan tambahkan dua baris berikut:

max_allowed_packet= 64M
wait_timeout= 6000

Setelah itu restart service mysql, dan akhirnya saya tidak menjumpai error 2006 lagi.

7 thoughts on “MySQL server has gone away (Error 2006) , cara mengatasinya

  1. u dktemu gan.. saya cuma edit aja g ditambahin baris, kan ud ada scriptnya🙂
    infonya beguna banget gan.. sama nih, ud pusing juga mikirin. untuk nemu blog ini, makasih banyak gan.. pertamax.

Leave a Reply

