[Ubuntu] Mengembalikan GRUB yang hilang setelah install Windows

Perbaiki Grub Ubuntu

Jika kita biasa menggunakan multipel OS, contoh di sini Ubuntu dan Windows, tentu kita tidak asing dengan Grub, yaitu paket boot loader yang menyediakan pilihan kepada kita untuk memilih boot dari multipelOS yang terinstal pada hardisk. Dalam kasus yang saya alami saat saya menginstall ulang Windows, GRUB akan terhapus dan tentu saya saya tidak bisa masuk ke Ubuntu. Bagaimana mengembalikan Grub yang telah hilang ? sebelumnya sebaiknya kita tahu versi dari Grub yang kita pakai, Jika kita menggunakan Ubuntu Karmic atau setelahnya berarti kita menggunakan Grub2, Jika kita menggunakanUbuntu Jaunty Jackalope (9.04) atau Ubuntu Interpid Ibex (8.10) berarti kita menggunakan Grub Legacy. Saya sendiri menggunakan Ubuntu Jaunty Jackalope (9.04) meski sebenarnya tergolong jadul :D karena saat ini versi terbaru adalah Ubuntu Maverick Meerkat (10.10) bahkan sudah disiapkan untuk April 2011 yaitu Ubuntu Natty Narwhal (11.04). Kembali ke masalah Grub yang hilang, sepertinya banyak cara untuk merecover Grub, tapi di sini saya memilih dengan menggunakan Ubuntu Live CD (recommended) karena menurut saya cara ini paling mudah. langkahnya sebagai berikut:

  • 1. Boot dengan Ubuntu Live CD;
  • 2. Buka Terminal;
  • 3. Masuk ke Grub dengan perintah:
sudo grub
  • 4. Cari dimana Grub
find /boot/grub/stage1

hasilnya pada kasus saya adalah (hd0,5) artinya Ubuntu berada pada hardisk 1 dan partisi 6, karena perhitungan dimulai dari 0.

  • 5. Selanjutnya ketik command berikut:
root (hd0,5)
  • 6. Perbaiki Grub dengan perintah:
setup (hd0)
  • 7. Keluar dari Grub Command
quit

Apabila sukses akan hasilnya seperti gambar di atas, selanjutnya silahkan restart maka Grub akan muncul kembali.
sekian …

7 thoughts on “[Ubuntu] Mengembalikan GRUB yang hilang setelah install Windows

  1. suhu

    aku belum pernah pake wubi pak, berbeda dengan wubi. wubi bekerja pada lingkungan windows, sepertinya uninstall juga via add/remove program. menurut saya wubi cocok untuk kalo hanya sekedar mencoba linux dengan mudah karena tidak perlu melakukan perubahan pada partisi hardisk. instalasi seperti instal aplikasi biasa pada windows. salah satu kelemahan kalo kita pake wubi, PC kita gak bisa lagi Hibernate.
    Pendapat saya mending langsung aja Install Ubuntu di real partisi pake Live CD atau Flasdisk. gak bakalan nyesel pake Ubuntu :D

    Reply
    1. q.thrynx

      emang sih kalo pake wubi mirip kayak OS jdai program exe yg disederhanain… gak cuma gak bisa hibernate, tp juga speednya turun (beda) kalo pake wubi.

      arep migrasi isih mikir pindho.. nunggu koneksi sing sip sik.. ben nek nyedot repo gampang.. maklum nembe nduwe koneksi cdma sing isih angin-anginan.. :D

      Reply

Leave a Reply

